TERANCAMNYA POP…

TERANCAMNYA POPULASI ORANG HUTAN AKIBAT DARI ALIH FUNGSI LAHAN DI KALIMANTAN

(Makalah Keanekaragaman Hayati)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh

LUKMAN ARIYANTO

E1A211024

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FAKULTAS PERTANIAN

UNIIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

BANJARBARU

2012

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Keanekaragaman hayati (biodiversitas)adalah  suatu istilah pembahasan yang mencakup semua bentuk kehidupan ,yang secara ilmiah dapat di kelompokkan menurut skala organisasi biologisnya ,yaitu mencakup gen spesies tumbuhan ,hewan dan mikro organisme serta ekosistem dan proses proses ekologi di mana bentuk kehidupan ini merupakan bagiannya .dapat juga di artikan sebagai keanekaragaman bentuk kehidupan dalam ekosistem atau bioma tertentu . keanekaragaman hayati seringkali di gunakan sebagai ukuran kesehatan system biologis.

Keanekaragaman hayati tidakdidistribusikan atau di sebarkan merata di belahan bumi diman setiap wilayah memiliki karakter dan perbedaan antara satu sama yang lain nya ,persebaran keanekaragaman hayati tersebar di berbagai wilayah misalnya wilayah kutub,wilayah tropis,wilayah hujan tropis,dan wilayah subtropics.Persebaran keanekaragaman hayati memiliki tingkat lebih kaya pada daerah persebaran wilayah tropis ,yang secara geografis wilayah ini berada pada garis lintang 23.5 LS dan 23.5 drajat LU dan mencakup seluruh bagian bumi yang dalam setahun mengalami dua kali saat matahari tepat berada di atas kepala .(Wikipedia 2012)

Semakain jauh  daerah dari garis ekuator maka  jumlah keanekaragaman hayati pada wilayah tersebut semakin sedikit/berkurang. Indonesia  adalah Negara di asia tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua asia dan Australia serta antara samudra pasifik dan samudra hindia.indonesia adalah Negara kepulauan yang terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau (5/6) oleh karena itu di sebut juga sebagai nusantara .

Sumberdaya alam (SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang di gunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya, Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan SDA tak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan. Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air adalah beberapa contoh SDA terbaharukan. Walaupun jumlahnya sangat berlimpah di alam, penggunannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan. SDA tak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis. Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai bahan tambang lainnya pada umumnya memerlukan waktu dan proses yang sangat panjang untuk kembali terbentuk sehingga jumlahnya sangat terbatas., minyak bumi dan gas alam pada umumnya berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun lalu, terutama dibentuk dan berasal dari lingkungan perairan.Perubahan tekanan  dan suhu panas selama jutaaan tahun ini kemudian mengubah materi  dan senyawa organik tersebut menjadi berbagai jenis bahan tambang tersebut Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia  setelah brazil Fakta tersebut menunjukkan tingginya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia dan hal ini, berdasarkan Protokol Nagoya,akan menjadi tulang punggung perkembangan ekonomi  yang berkelanjutan(green economy).

Protokol Nagoya sendiri merumuskan tentang pemberian akses dan pembagian keuntungan secara adil dan merata antara pihak pengelola dengan negara pemilik sumber daya alam hayati, serta memuat penjelasan mengenai mekanisme pemanfaatan kekayaan sumber daya alam tersebut.Kekayaan alam di Indonesia yang melimpah terbentuk oleh beberapa faktor, antara lain:

  1. Dilihat dari sisi astronomi, Indonesia terletak pada daerah tropis  yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan yang dapat hidup dan tumbuh dengan cepat. Dilihat dari sisi geologi, Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan  yang kaya akan mineral .
  2. Daerah perairan di Indonesia kaya sumber makanan  bagi berbagai jenis tanaman dan hewan laut, serta mengandung juga berbagai jenis sumber mineral.

Tingginya tingkat biodiversitas Indonesia ditunjukkan dengan adanya 10% dari tanaman berbunga  yang dikenal di dunia dapat ditemukan di Indonesia, 12% dari mamalia  16% dari hewan reptil, 17% dari burung , 18% darijenis terumbukarang , dan 25% dari hewan laut. Di bidang agricultur Indonesia juga terkenal atas kekayaan tanaman, seperti biji coklat ,karet , kelapa sawit,cengkih, dan bahkan kayu  yang banyak diantaranya menempati urutan atas dari segi produksinya di dunia.

Sumber daya alam di Indonesia tidak terbatas pada kekayaan hayatinya saja. Berbagai daerah di Indonesia juga dikenal sebagai penghasil berbagai jenis bahan tambang, seperti petroleum,timah,gas alam ,nikel tembaga,bauksit,batu bara,emas,dan perak ,  Di samping itu, Indonesia juga memiliki tanah  yang subur dan baik digunakan untuk berbagai jenis tanaman. Wilayah perairan yang mencapai 7,9 juta km2 juga menyediakan potensi alam yang sangat besar.

Akan tetapi keadaan tersebut kini sudah mengalami perubahan  karena adanya aktivitas exploitasi sumber daya alam yang dilakukan secara berlebihan tanpa memperhatikan dampak yang dapat di timbulkan dari kegiatan tersebut,seperti yang terjadi pada pulau Kalimantan misalnya di sini terjadi peralihan fungsi hutan,yang dulu nya memiliki fungsi sebagai tempat hidup berbagai jenis flora dan fauna khas Kalimantan kini beralih menjadi menjadi perkebunan baik swasta maupun bumn,yang sekian taun semakin bertambah luas arealnya,dan yang paling parah lagi adalah kegiatan eksploitasi yang dilakukan oleh perusaahaan batu bara ,jika hal ini terus di biarkan dantidak ada tindakan untuk pencegahan maka dapat di pastikan akan merusak ekosistem yang ada dan berakibat pada hilangnya beberapa spesies flora dan fauna yang ada pada wilayah tersebut.

Tujuan

Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah agar kita sebagai pelaku utama yang dapat merusak dan mengubah ekosistem suatu lingkungan,dapat memahami dan sadar apabila kegiatan tersebut terus dilakukan dan tidak ada kegiatan untuk menghentikan nya maka di khawatirkan keberadaan keanekaragaman hayati akan mengalami kepunahan yang berkelanjutan.

Pokok bahasan

Akibat Alih fungsi hutan menjadi kawasan pertambanagan dan perkebunan sawit yang merusak lingkungan.,terhadap keberadaan orangutan

Pembahasan

Rusaknya ekosistem pada suatu wilayah sangatlah berpengaruh terhadap keberadaan spesies yang ada, sebelum adanya kegiatan exploitasi oleh manusia terhadap sumberdaya yang ada.misal nya di daerah kawasan hutan gambut di kawasan Kalimantan selatan tepatnya pada kawasan sekitar jalan rute banjarbaru –Banjarmasin, banyak di temui alih fungsi lahan  dimana yang dahulunya lahan tersebut di gunakan sebagai lahan produktif yang di gunakan oleh petani untuk melakukan kegiatan bercocok tanam kini berubah menjadi areal perumahan dan ruko – ruko di sepanjang jalan tersebut,apabila kegiatan tersebut tidak segera di tanggapi dan dilakukan sebuah upaya untuk meminimalisir kegiatan peralihan/konversi lahan ,upaya yang dapat di lakukan misalnya mencegah perluasan pembangunan pada aral yang produktif,serta perlu adanya pembentukan perda di diwilah tersebut yang isi nya himbauan untuk mengalihfungsikan lahan di harapkan dengan adanya perda atau norma dari adat keanekaragaman hayati di kawasasan tersebut dapat terjaga kelangsungan hidupnya sehingga tidak terjadi kepunahan.

Di kutip dari sumber media Indonesia (23/06/11) kondisi hutan di kawasan Kalimantan berkurang hingga mencapai 60 persen dan hamper mencapai 866.697 kini dalam keadaan rusak parah.menurut dari badan lingkungan hidup Kalimantan selatan rachmadi kuradi mengatakan hal itu pada kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan PT Adaro Indonesia di lokasi Bumi Perkemahan Lasung Batu, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Rabu (22/6/11).Berdasarkan hasil penelitian melalui satelit rupa bumi, data itulah yang kami dapat bahwa Kalsel telah mengalami pengurangan wilayah hutan,” ujarnya. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor 435/Menhut-11/2009, disebutkan luas hutan di Kalsel 1.566.697 hektare dan kini masih dalam keadaan baik hanya tersisa 700.000 hektare.

Kerusakan hutan di Kalsel akibat lima hal yang salah satunya adanya aktivitas pertambangan batu bara. “Termasuk pembangunan pelabuhan khusus batu bara dan masih maraknya aktivitas pembalakan liar atau illegal logging,” katanya.Selain itu, konversi lahan untuk pemukiman dan perkebunan serta kebakaran hutan dan lahan juga menjadi penyebab kerusakan dan pengurangan kawasan hutan di Kalsel. Pembukaan lahan oleh berbagai aktivitas tadi ternyata tidak diimbangi dengan penutupan kembali sehingga rentan menyebabkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

            Dari data tersebut di atas dapat dilihat bahwa adanya penurunan luas wilayah hutan oleh aktivitas exploitasi yang dilakukan oleh perusahaan batubara,yang secara tidak langsung dapat mengganggu keberadaan atau bahkan dapat menyebabkan kepunahan pada beberapajenis spesies yang ada,hal ini di karenakan ekosistem tempat hidup spesies kini telah beralih fungsi menjadi pertambangan,coba kita bayangkan perbedaan yang terjadi antara  sebelum dan sesudah di lakukan nya exploitasi pada suatu kawasan huta,pasti dapat kita perkirakan sebelum di lakukan exploitasi banyak kita temui berbagai jenis orang hutan,tanaman endemic Kalimantan ,berbagai jenis pepohonan yang tumbuh rimbun akan tetapi setelah di lakukan exploitasi dapat kita jumpai lahan yang dulunya indah untuk di pandang mata kini sudah berubah 360  derajat di mana kawasan tersebut dapat kita jumpai lubang bekas galian batubara yang bias mencapai sampai 100 meter lebih,banyak nya genangan air yang memiliki

kandungan racun berbahaya bagi kelangsungan hidup,dan parah nya lagi keadaan

tersebut dibiarkan begitu saja tidak dilakukan sebuah upaya untuk melakukan konservasi kebanyakan di temui setelah melakukan exploitasi biasanya perusahaan langsung pergi begitu saja tanpa memperhatikan dampak yang di akibatkan dari aktivitas yang di lakukan nya.

Dampak lain yang dapat di timbulkan akibat dari kegiatan manusia yang tidak ramah lingkungan dengan tidak memperhatikan keberadaan flora da fauna yang ada pada wilayah tersebut.seperti yang terjadi di Kalimantan selatan banyak di temui hutan lindung yang mengalami pembabatan secara masal atau sering disebut dengaan istilah illegal loging hal ini menyebabkan beberapa flora dan fauna endemic yang ada pada wiyayah tersebut mulai menghilang missal nya orang hutan,sekarang ini menurut beberapa surfai yang di lakukan oleh para peneliti flora dan fauna Indonesia menyatakan bahwa keberadaan orang hutan setiap tahun nya mengalami penurunan di karenakan adanya konservasi dan eksploitasi lahan secara besar – besaran yang di lakukan oleh perusahaan yang kurang bertanggung jawab,umumnya hutan yang di babat di alih fungsikan sebagai lahan perkebunan kelapasawit dan pertambanagan batubara.

Memang tragis negrikita ini dahulu dapat di katakana gemah limpah loh jinawi kini keberadaan nya berubah drastis karena keserakahan dari manusia,yang secara semena mena mengambil dan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara besar besaran,dan parah nya yang melakukan kegiatan ekploitasi  lahan adalah sebagian besar warga asing yang menginfestasikan modal nya di Indonesia,sedangkan warga pribumi hanya berperan sebagai buruh saja,dan hanya tidak itu saja adapun hasil yang di peroleh dari kegiatan kerjasama tersebut adalah memberikan sebuah hadiah yang sangat istimewa kebada bangsa ini yaitu berupa kerusakan lingkungan hidup yang ada di Negara tercinta kita ini ,yang lama kelamaan akan membawa bencana bagi generasi penerus negri ini yaitu anak cucu kita kelak.

Untuk mencegah dan menanggulangi agar hal tersebut tidak terjadi makaperlu di adakan kerjasama antara pemerintah dengan para pelaku lapangan (perusahaan yang melakukan eksploitasi alam) yang secara tidak langsung dapat mengakibatkan kerusakan keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia yang akhirnya akan terjadi kepunahan secara masal. Dam pak yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut adalah antara rusak nya alam yang di ikuti dengan flora dan fauna yang ada pada wilayah tersebut.misalnya seperti yang terjadi di Kalimantan timur ,terjadi pembantaian orang hutan yang di lakukan oleh warga derah perkebunan kelapasawit atas perintah dari perusahaan warga di perintah untuk memburu orang hutan yang keberadaan nya di anggap merugikan bagi perusahaan di karenakan merusak pertanaman perkebunan kelapasawit.(okezone.11/14/2011).

Hal tersebut tidak boleh di biarkan karena pada posisi tersebut seharusnya yang seharusnya yang di persalahkan adalah pengelola perkebunan,bukan orang hutan karena pada posisi tersebut pengelola di rasa merusak habitat hidup ,dan kegiatan peralihan fungsi mengakibatkan beberapa rantai makanan yang ada tidak seperti yang di sediakan oleh alam karena ada nya perubahan ekosistem pada lingkungan tersebut sehingga secara otomatis orang hutan berusaha untuk mempertahankan hidupnya salah satu cara yang di lakukan adalah dengan masuk ke areal perkebunan untuk mencari makanan karena habitat asli nya dirusak,maka orang  hutan menyerang tanaman yang sedang di usahakan oleh pihak perkebunan.

Dari peristiwa pembantaian orang hutan yang terjadi di Kalimantan siapa yang seharusnya di persalahkan apakah orang hutan,pihak pengelola atau peranan pemerintah karena telah membrikan izin pengelolan lahan lindung menjadi lahan perkebunan,Kebijaksanaan dan kearifan masyarakat sangatlah di perlukan untuk menjaga keberlanjutan kelestarian orang hutan yang ada di Kalimantan timur.

Selain karena peralihan fungsi lahan ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kepunahan orang hutan,alasan klasik yang sering di jumpai adalah karena faktor ekonomi,motif yang sering dilakukan adalah dengan melakukan perburuan terhadap satwa langka tersebut,yaitu dengan cara mengambil anakan orang hutan untuk di jual sebagai binatang peliharaan.

(Si imut kini terancam keberadaan nya)

dari kegiatan tersebut secara tidak langsu terjadi pembantaian induk orang hutan ketika pengambilan anak orang hutan dalam perburuan hal ini dapat di buktikan menurut survai yang di lakukan oleh Borneo orang hutan survival foundation (3/02/2012),di beritakan bahwa terjadi pembantaian satwa langka (orang hutan )pembaintaian terjadi di daeah kawasan perkebunan bakacak himba bahari.

Langkah yang dapat di tempuh untuk menyelamatkan keberadaan orang hutan adalah antara lain 1). Dengan cara melakukaan kampanye penyelamatan orang hutan hal ini sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan hidup satwa tersebut karena dengan adanya kegiatan makan secara tidak langsung masyarakat dapat mengetahui tentang arti penting dari keberadaan orang hutan,serata dapat mengetahuai tentang kondisi satwa tersebut belakangan ini sehingga di harapkan dengan adanya perkenalan tersebut masyarakat paham dengan demikian dapat di pastiakan jumlah perburuan orang hutan akan berkurang walaupun hanya sedikit,2) dengan mendirikan suatu wadah organisasi  yang berperan sebagai balai rehabilitasi orang hutan seperti yang di lakukan oleh  borneo orang utan survival foundatiand,sejak tahun 1991 organisasi ini melakukan upaya penyelamatan orangutan dengan cara menjalin kerjasama dengan piahak yang berkecimpung pada kegitan pelestarian terhadap sumberdaya alam yang ada seperti  Balia konservasi dan sumberdaya Kalimantan Timur,Kementrian Republik Indonesia .akan tetapi ada banyak hal yang di temui dalam upaya rehabilitasi orangutan antara lain adanya perbedaan sifat orangutan antara yang berada di alam bebas dengan di kawasan konservasi ,pada konservasi cenderung di temui orang hutan tidak terlalu terlatih dan memiliki kecakapan dalam mencari makanan di bandingkan dengan yang hidup di alam liar.

Dan tahukah anda jika oranguatan memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kelangsungan ekosistem dan keberadaan nya berpengaruh terhadap pemanasan global mengapa demikian dapat kita perhatikan dari perilaku satwa ini di alam liar utamanya makanan yang di makan nya sebagian besar makanan berupa buah-buahan atau biji- bijian kemudian berkeliaran mengelilingi hutan dalam perjalanan satwa ini mengeluarkan kotoran dimana di dalam kotoran tersebut masih ada biji – bijian yang tertinggal yang terangkut pada kotoran tersebut.Menurut jamartin sitihe manfaat orang hutan ini mirip dengan lebah saat menyebarkan benih tumbuhan ,dengan demikian secara tidak langsung orang utan berperan dalam regenerasi hutan .dengan demikian akan banyak tumbuh pohaon dan dengan demikian aka nada banyak paru paru dunia sehingga udara akan bersih dan global worming dapat di cegah.

Kesimpulan

Kearifan dan kebijakan dari manusia sangatlah di perlukan demi tejaganya keseimbangan alam dan perlu ada nya kesadaran terhadap arti penting suatu keanekaragaman hayati yang ada demi keberlangsungan hidup manusia dengan lingkungan nya,alam tidak akan murka jika manusia tidak berulah merusak alam alam menyediakan segala keperluan manusia untuk hidup,akan tetapi jika manusia tidak arif dalam pengelolaan sumberdaya yang ada maka akan dapat di pastiakan akan terjad kerusakan dan kehancuran yang tak terduga.oleh karena itu sebelum terlambat marilkah kita selamatkan bumikita ini dari yang namanya kerusakan yaitu dengan cara memanfaatkan sumberdaya yang ada dengan arif dan melakukan upaya pembaharuan dan penyelamatan terhadap keanekaragaman hayati yang ada.

DAFTAR PUSTAKA

  Anonim.2012.http://travel.okezone.com/read/2012/02/03/407/568834/ternyata-orangutan-bisa-kurangi-pemanasan-global.Diakses pada tanggal 31 Mei 2012.

Anonim.2012.http://travel.okezone.com/read/2012/02/03/407/569298/orangutan-langka-perburuan-karena-motif-ekonomi.Diakses pada tanggal 31 Mei 2012.

Anonim.2012.http://travel.okezone.com/read/2012/02/03/407/569298/orangutan-langka-perburuan-karena-motif-ekonomi.Diakses pada tanggal 31 Mei 2012.

Anonim.2012.http://travel.okezone.com/read/2012/02/03/407/568986/cegah-pembantaian-chip-orangutan-malah-tak-terdeteksi.Di akses pada tanggal 31 Mei 2012.

 Anonim.2012.http//http://id.wikipedia.org/wiki/Keanekaragaman_hayati.Diakses pada tanggal 28 Mei 2012.

.

About lukmanunlam

Lahir di semarang 2 Mei 1991,dan sedang menempuk pendidikan di perguruan tinggi negri di kalimantan selatan bernama UNLAM
Aside | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s